Eks PG Banjaratma Siap Jadi Rest Area Unggulan di Tol Pejagan-Pemalang

BREBESĀ – Eks Pabrik Gula Banjaratma di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes disiapkan oleh sinergi BUMN untuk menjadi rest area unggulan yang berada di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260. Bangunan heritage dengan total luas lahan sekitar 12 hektar itu akan menjadi jujukan asyik untuk beristirahat, mencicipi kuliner, atau membeli buah tangan khas Brebes dan sekitarnya.

Site Engineering Manager PT PP Janu Widiyanto menjelaskan, area seluas 5.032 m2 akan digunakan untuk aneka stan yang 70 persen di antaranya dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. Sementara itu, 30 persen sisanya dapat digunakan oleh lembaga komersial lainnya di bawah naungan BUMN.

“Bangunan utama sudah jadi, tinggal kita finishing untuk booth-boothnya. Target kita Januari sudah bisa difungsikan. Untuk booth UMKM kecil ada sekitar 64, sedangkan untuk yang besar ada sekitar 52 booth. Booth yang paling kecil 2 x 2,5 meter,” jelasnya.

Selain booth UMKM, fasilitas lain yang ada di rest area tersebut meliputi masjid seluas 800 m2, area parkir yang mampu menampung hingga sekitar 400 kendaraan pribadi dan 80 kendaraan besar, botanical garden dan water fountain, area bermain anak, SPBU, dan toilet.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP mengapresiasi sinergi BUMN untuk membangun rest area unggulan tersebut. Menurutnya, hal itu dapat membantu pelaku UMKM lokal untuk mendongkrak penjualan.

“Hebatnya 70 persen untuk UMKM dari Brebes dan sekitarnya. Ini wujud BUMN peduli. Insya Allah Januari 2019 sudah selesai dan bangunan heritage ini akan kita pertahankan, hanya kita tambah perbaikan-perbaikan,” ujarnya mengapresiasi.

Dengan hadirnya rest area unggulan pada tahun mendatang, diharapkan semakin banyak pelancong yang melintasi ruas tol Pejagan-Pemalang yang membelanjakan uangnya dengan membeli komoditas unggulan UMKM. Dengan demikian, ekonomi masyarakat setempat dapat tumbuh lebih baik.

“Semakin lama di sini, semakin banyak kuliner yang dimakan, dan semakin banyak uang yang dibelanjakan,” pungkasnya sembari tersenyum.
(Arifa/Puji/Humas Jateng)

Share This Article