SAYEMBARA DESAIN PEMBANGUNAN MASJID AGUNG JAWA TENGAH DI KABUPATEN MAGELANG

Kabupaten Magelang merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang terkenal dengan Kawasan Pariwisatanya sehingga mampu menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke kawasan ini. Hal ini membuat pemerintah menetapkan Borobudur dan sekitarnya menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Tidak hanya kawasan wisatanya yang menarik, beragam acara bertaraf nasional maupun internasional juga sering digelar di kawasan Borobudur.

Ide Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang berawal dari visi Jawa Tengah dalam “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” dengan salah satu misinya yaitu “Membangun masyarakat Jawa Tengah yang religius, toleran dan guyup untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Lokasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang ini direncanakan berada di Jl. Soekarno Hatta, Kel. Sawitan, Kota Mungkid Kabupaten Magelang, yaitu berada di sisi selatan komplek Pemda Kab. Magelang. Tepatnya di jalur persimpangan jalan raya Magelang-Borobudur-Kalinegoro. Kecamatan Mungkid dijadikan sebagai pusat pelayanan publik bagi masyarakat Kabupaten Magelang serta pusat pemerintahan Kabupaten Magelang, sehingga banyak masyarakat yang datang ke daerah tersebut.

Masjid ini diharapkan mampu merepresentasikan kondisi Masyarakat Jawa Tengah yang berkarakter toleran dan multikultural. Toleran artinya mampu menghormati terhadap perbedaan, multikultural dalam arti mampu menghormati agama dan budaya yang beragam. Masjid ini diharapkan mampu memadukan ciri arsitektur yang Islami dengan nilai – nilai kearifan lokal Jawa, ini sesuai dengan konsep Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamiin.

Dalam rangka memperoleh berbagai ide, gagasan desain melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung di bidang arsitektur dalam mewujudkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang, maka Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah akan mengadakan “Sayembara Desain Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang”.

Periode pendaftaran sayembara ini berlangsung dari tanggal 10 Februari – 25 Maret 2020, sedangkan batas akhir pengiriman karya maksimal pada tanggal 31 Maret 2020 pukul 15.00 WIB.

Hasil karya desain sayembara berupa konsep dan gambar desain yang meliputi konsep, siteplan, denah, tampak dari 4 sisi, potongan, 3D eksterior Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang. Kebutuhan animasi disyaratkan untuk peserta yang masuk pada nominasi 6 (enam) besar.

Sifat sayembara ini terbuka/nasional untuk arsitek baik perorangan, kelompok, maupun badan usaha. Peserta kelompok atau badan usaha setidaknya terdiri dari ketua atau seluruh anggotanya adalah anggota IAI. Sayembara ini berlangsung dalam dua tahap. Pemenang sayembara akan dilibatkan dalam tahap lanjutan proses pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang, bekerja sama dengan Penyedia Jasa Konsultansi Perencanaan untuk mengembangkan hasil konsep menjadi dokumen teknis.

Mekanisme, syarat dan ketentuan lebih lanjut dapat di download pada KAK dibawah ini:

Download KAK Sayembara MAJT di Kabupaten Magelang

Link pendaftaran Sayembara:

Pendaftaran Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang

Share This Article