Tingkatkan Efektivitas Pelayanan Publik, DPUBMCK Jateng Gelar Sosialisasi Bimbingan Teknis Penyusunan SOP

Semarang– Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas pemerintahan serta pelayanan publik, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan sosialisasi Bimbingan Teknis Penyusunan Standart Operasional Prosedur pada Jumat, 19 Juli 2024 di Kantor Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini menekankan pentingnya pengkajian berkala dan pembaruan SOP agar tetap sejalan dengan perkembangan peraturan dan kebutuhan layanan masyarakat.

“Kita ketahui bahwa ada ketentuan yang mengharuskan kita selalu memperbarui atau mereview SOP, apakah SOP itu masih sejalan dan bisa menjawab permasalahan serta mencerminkan pemutakhiran kondisi peraturan dan kebutuhan yang ada atau memang harus diubah,” ujar Sekretaris Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, Ali Huda, S.T.,M.T.

Sekdin menjelaskan, hasil inventarisasi terbaru menunjukkan bahwa dari pemeriksaan BPKP, APB kinerja BPK, serta masukan dari masyarakat sebagai pengguna layanan, terdapat beberapa SOP yang memerlukan peninjauan ulang terkait dengan resiko yang dihadapi. Dalam upaya ini, aparat dinas menerbitkan instruksi untuk melibatkan semua pemilik kegiatan di organisasi dalam proses penyusunan dan pembaruan SOP.

“Kami membuat program kerja terdidik organisasi agar semua pemilik kegiatan terlibat aktif, sehingga SOP yang dibuat dapat dilaksanakan dengan baik hingga ke level unit organisasi,” tambahnya.

Indri Hapsari, S.STP, MPA. Analis kebijakan muda dari Biro Organisasi SETDA Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber menjelaskan, SOP merupakan pedoman pelaksaan tugas yang disadarkan, “ tulis apa yang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang sudah kamu tulis,” Ujarnya.

Terakhir, Indri juga menegaskan bahwa SOP harus dievaluasi secara berkala, minimal satu tahun sekali, untuk menilai efektivitasnya dan menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Share This Article